Sennamarzy’s Weblog

Just Me…

Turki, Tim Kuda Hitam di EURO 2008

turkTurki

Tim Kuda Hitam di EURO 2008

by marswanto

Di EURO 2008, tim asuhan Fatih Terim ini tampil sangat luar biasa. Meskipun diawali dengan kekalahan melawan Portugal 0-2 pada first match di babak penyisihan Grup A, namun sama sekali tidak menurunkan semangat bertanding tim yang dimotori oleh Nihat Kahveci dkk. Bahkan dalam dua laga penyisihan Grup A melawan Tim Swiss dan Tim Rep. Ceko, Turki sempat tertinggal dalam mencetak gol. Namun dengan semangat tinggi Tim Turki berhasil menghempaskan harapan lawan-lawannya dengan mengejar ketertinggalan kemudian mencetak gol penentuan untuk kemenangan Tim Turki dan kemenangan tersebut berhasil mengantar Tim Turki maju ke babak perempat final.
Di babak perempat final melawan Kroasia, lagi-lagi Turki membuat kejutan dengan mengalahkan Tim Kroasia melalui adu pinalti dengan skor akhir 4-2. Meskipun harus diakhiri dengan adu pinalti, namun pertandingan yang terjadi sangat seru. Peluang mencetak gol lebih banyak dilakukan oleh Tim Kroasia melalui serangan-serangan Dario Srna dkk, namun ketangguhan sang kiper, Rustu Recber. Dalam babak perpanjangan waktu-pun, lagi-lagi Turki ketinggalan oleh gol Ivan Klasnic (118″), kemudian berhasil menyamakan kedudukan lewat gol Semih Senturk (120″+2). Begitu juga dalam babak adu pinalti, kematangan dan ketangguhan Rustu harus diakui sebagai salah satu faktor penentu kemenangan Tim Turki terhadap Tim Kroasia, selain faktor drop-nya mental para pemain Kroasia setelah terjadinya gol balasan Semih pada menit terakhir babak perpanjangan waktu. Nampaknya ada semacam pola dalam setiap pertandingan antara Tim Turki dengan tim-tim yang dikalahkan. Kebobolan dulu, lalu mengejar dan menang ketika lawan-lawannya telah mabuk oleh aroma kemenangan yang sudah di depan mata.
Keberhasilan Tim Turki ini mengingatkan kita pada World Cup 2002 di Korea-Jepang dimana Tim Turki yang waktu itu masih diperkuat oleh duo striker mautnya, Hasan Sukur – Hasan Sas, berhasil maju ke babak semifinal walau akhirnya harus kandas oleh ketangguhan Tim “Samba” Brasil yang akhirnya menjadi juara. Ketangguhan Rustu juga cukup dominan dalam menyelamatkan gawang Turki dari kebobolan.
Akankah Tim Turki akan mengulang sejarah seperti pada World Cup 2002? Atau bahkan menjadi “Juara Kejutan” seperti yang dilakukan oleh Yunani dalam EURO 2004? Ataukah Tim Rusia yang banyak diramalkan pengamat bola manjadi Tim Kuda Hitam yang akan menjadi juara? Ataukah Tim Belanda yang saat ini menduduki rating tertinggi dalam pasar taruhan karena kehebatanya di babak penyisihan grup?
Kita tunggu saja.

Untuk mengetahui hasil pertandingan EURO 2008 ter-update, klik di sini.

June 21, 2008 - Posted by | Sport

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: